CONTOH LAPORAN PERJALANAN STUDYTOUR SMP

CONTOH LAPORAN PERJALANAN STUDYTOUR SMP

LAPORAN PERJALANAN (smpn 02 maos)

Disusun oleh : 1. Catur Riyanto Wibowo Aji ( 07/VIII E )
2. Maryani ( 20/VIII E )
3. Nurul Ikhsan ( 23/VIII E )
4. Aditya Wahyudin ( 03/VIII E )

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KAB. CILACAP
SMP NEGERI 2 MAOS
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PENDAHULUAN

Pada tanggal 21-24 Desember 2010, SMP Negeri 2 Maos mengadakan kegiatan study tour ke Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini berdasarkan :

Progam Pemerintah bidang Wisata dan Budaya “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu”.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.39 Tahun 2008 tentang Kegiatan Pembinaan Kesiswaan.
Hasil Rapat Guru dan Karyawan tanggal 16 Oktober 2010.
Hasil Rapat Pleno Orangtua Siswa tanggal 25 Oktober 2010.
Progam Kerja OSIS SMP Negeri 2 Maos Tahun Pelajaran 2010/2011.
Keinginan para siswa kelas VIII untuk pergi ke Jakarta.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan study tour bagi siswa kelas VIII yaitu :

Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nilai-nilai Religius, Sejarah, Tekhnologi, Ilmu Pengetahuan dan Rekreasi.
Meningkatkan apresiasi dan kreasi siswa.
Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman baru yang bersifat langsung.
Membangun keakraban antar siswa dan guru.
Menyukseskan progam pemerintah “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu”

Tempat obyek wisata yang kita kunjungi antara lain :

Islamic Center Bekasi
Masjid Istiqlal
GSA (Gelanggang Samudra Ancol)
AWA (Atlantic Water Adventure)
ITC Cempaka Mas
TMII
Museum Listrik dan Energi Baru
Lubang Buaya (Monumen Pancasila Sakti)
Cibaduyut

ISI

PERSIAPAN
Tepat pukul 17.00 WIB, seluruh siswa dan guru pendamping diwajibkan sudah berkumpul di SMP Negeri 2 Maos. Pukul 17.50, siswa yang beragama Islam melaksanakan sholat mahgrib yang dijamak dengan sholat Isya di Aula. Setelah sholat ada sedikit pengarahan dari Kepala Sekolah dan pemandu dari CV, Dewangga kemudian seluruh siswa bersiap untuk berangkat. Pukul 19.30 seluruh rombongan SMP N 2 Maos berangkat dari Cilacap menuju Penginapan di Bekasi sepanjang perjalanan bus yang kita tumpangi sesekali berhenti untuk beristirahat sejenak. Pertama rombongan sampai di Cimanggu, Ciamis, dan selanjutnya di Padalarang. Tepat pukul 04.55 rombongan sampai di penginapan Islamic Center Bekasi untuk check in, sholat, dan mandi. Pukul 06.00 WIB siswa dan guru pendamping sarapan di penginapan. Selanjutnya rombongan pergi menuju Masjid Istiqlal.

MASJID ISTIQLAL

Pukul 08.30 WIB, rombongan sampai di Masjid Istiqlal. Masjid ini merupakan masjid utama di Jakarta. Dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan merupakan salah satu masjid terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal ini berada di jalan Veteran Jakarta Pusat dekat dengan Monas dan Gereja Katedral. Di sini kita melaksanakan sholat Dhuha dan melihat-lihat pemandangan dan keindahan serta kemegahan Masjid ini. Pukul 09.30 rombongan pergi meninggalkan Masjid Istiqlal untuk menuju ke AWA (Atlantic Water Adventure).

AWA (Atlantic Water Adventure)

Tepat pukul 10.30 WIB, rombongan sampai di AWA. AWA merupakan wahana yang relative baru yang merupakan pengembangan dari Gelanggang renang Ancol yang lama. Wahana yang baru ini memiliki sejumlah fasilitas baru yang siap menghibur pengunjung dengan mascot utama berupa kolam ombak buatan. Waktu yang diberikan kepada siswa untuk berenang dan menikmati keindahan alam hanya 1 jam. Dari pukul 11.00-12.00 WIB,oleh karena itu banyak siswa yang tidak sempat berenang. Pukul 12.00 WIB rombongan keluar dari AWA menuju ke bus untuk makan siang (lunch box). Setelah selesai makan siang, rombongan berjalan menuju GSA.

GSA (Gelanggang Samudra Ancol)

Tidak lama berjalan dari AWA ke GSA. Pukul 13.30 WIB rombongan masuk ke GSA. GSA (Gelanggang Samudra Ancol) merupakan sebuah oseanarium (oceanarium) yang menawarkan rekreasi, konservasi dan pendidikan untuk seluruh keluarga, terletak di kawasan Ancol. Di sini dapat menyaksikan berbagai tingkah lacu satwa yang terlatih. Hewan darat seperti berang-berang, beruang madu dan kuda nil serta hewan laut seperti singa laut, lumba-lumba, dan paus putih, ditambah dengan menonton pertunjukan 4 dimensi. Di GSA, rombongan berpencar. Ada yang menonton pertunjukan lumba-lumba, ada yang menonton film 4 dimensi, dan ada juga yang mencoba ke wahana permainan. Namun dari seluruh rombongan SMP N 2 Maos, paling banyak menonton pertunjukan 4 dimensi. Setelah puas menikmati pertunjukan dan permainan yang ada, kira – kira pukul 16.00 WIB rombongan meninggalkan GSA menuju ITC Cempaka Mas.

ITC Cempaka Mas

Pukul 16.30 rombongan sampai di ITC Cempaka Mas. ITC Cempaka Mas merupakan obyek wisata pusat perbelanjaan/mall terbesar di Jakarta. Di sini kami bisa membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari yang disajikan secara lengkap dan menarik. Namun, karena barang-barang yang dijual disini mahal-mahal, jadi banyak siswa yang hanya sekedar melihat-lihat saja. Kami hanya diberi waktu sampai pukul 17.00 di ITC Cempaka Mas ini. Namun, waktunya terulur sehingga pukul 18.30 WIB rombongan baru meninggalkan ITC Cempaka Mas menuju ke penginapan di Islamic Center Bekasi.

Islamic Center Bekasi

Pukul 20.00 WIB rombongan sampai di penginapan Islamic Center Bekasi. Di sini siswa makan malam prasmanan, istirahat kemudian acara bebas. Siswa diwajibkan pukul 21.00 WIB sudah tidur semua. Namun, banyak siswa yang belum juga tidur. Pukul 06.00 WIB rombongan makan pagi, kemudian tepat pukul 07.00 WIB rombongan pergi meninggalkan Islamic Center Bekasi menuju ke Lubang Buaya (Monumen Pancasila Sakti).

Lubang Buaya (Monumen Pancasila Sakti)

Pukul 08.00 WIB, rombongan tiba di Lubang Buaya. Lubang Buaya/Monumen Pancasila Sakti merupakan tempat/lokasi para pahlawan revolusi yang gugur oleh kekejaman PKI. Terdapat diorama-diorama dan foto-foto yang menggambarkan peristiwa G30 S/PKI. Tempat ini dibangun pada tanggal 1 Oktober 1967 dengan gagasan Presiden Soeharto. Tempat ini diresmikan tahun 1972. Luas tanah ± 14 ha, yang terdapat di Desa Lubang Buaya, Cipayung, Pondok Gede, Jakarta Timur. Yang paling terkenal di Lubang Buaya adalah sebuah sumur yang biasa digunakan oleh PKI untuk menyembunyikan 7 jenazah jendral revolusi Indonesia. Ketujuh jendral itu adalah :

Ahmad Yani
M.T haryono
S. Parman
Soeprapto
D.I Panajaitan
Brigjen Sutoyo
Kapten Andreas Tendean

Jenazah ketujuh Jendral tersebut dimakamkan di T.M Kalibata. Selain sumur-sumur maut, kita juga dapat melihat dapur umum yang digunakan untuk memasak pada jaman penjajahan, kendaraan yang digunakan untuk membawa jenazah Jendral, juga terdapat museum penghianatan PKI yang di dalamnya terdapat patung-patung pemberotakan PKI, foto-foto asli para pejuang, baju pahlawan revolusi yang masih ada bercak darah, serta barang-barang pahlawan revolusi yang ditemukan saat pengangkatan jenazah dari sumur maut. Lama kami di Lubang Buaya, kira-kira 2 jam rombongan pergi meninggalkan Lubang Buaya pukul 10.00 WIB menuju ke TMII yang dilanjut ke Museum Listrik dan Energi Baru.

TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Tepat pukul 11.00 WIB rombongan sampai di TMII. TMII merupakan miniatur Indonesia yang menggambarkan keanekaragaman budaya, adat istiadat, bangunan rumah adat yang khas juga banyak museum pengetahuan. Karena TMII sangat luas maka rombongan memutuskan untuk melihat-lihat melalui bus saja. Setelah melihat-lihat pukul 11.15 WIB rombongan sampai di Museum Listrik dan Energi Baru.

Museum Listrik dan Energi Baru

Pukul 11.15 WIB, rombongan sampai di Museum Listrik dan Energi Baru. Di sini kami bisa melihat berbagai macam pembangkit listrik, mobil masa depan yang bahan bakarnya dari sinar matahari, kompor energy matahari, pemanfaatan dan cara menggunakan energy matahari, dan lainnya. Sekitar pukul 13.00 WIB rombongan keluar dari Museum Listrik dan Energi Baru untuk makan siang (lunch box). Pukul 14.00, rombongan pergi menuju Cibaduyut.

Cibaduyut

Pukul 17.30 WIB, rombongan tiba di Cibaduyut. Pusat perbelanjaan yang berada di kota Bandung selain Cihampelas dan Bandung Super Mall salah satunya adalah Cibaduyut terletak di jalan Cibaduyut Bandung, tempat ini merupakan pusat kerajinan, pertokoan tas dan sepatu kulit, juga terdapat oleh-oleh berupa makanan khas Jawa Barat seperti dodol garut, peuyeum,dsb. Waktu yang diberikan kepada kami untuk berbelanja dan melihat-lihat cukup lama,sekitar 2,5 jsm. Setelah puas berbelanja, rombongan pergi meninggalkan Cibaduyut pukul 20.00 WIB menuju ke Cilacap. Dalam perjalanan, sekitar pukul 00.15 WIB rombongan mampir kesalah satu took oleh-oleh di Pandyangan, Garut. Setelah itu rombongan langsung pergi menuju ke Cilacap. Sampai di Cilacap ± pukul 04.30 WIB. Seluruh rombongan selamat sampai tujuan.

PENUTUP

Kesimpulan
Saran / kritik

Perjalanan ini memang benar-benar melelahkan. Namun dibalik itu semua terdapat sebuah pengalaman yang tidak pernah akan kami lupakan selama hidup kami. Pemandu dari CV. Dewangga yang ramah dan mengasyikan, tempat-tempat wisata yang menakjubkan, serta guru pendamping yang setia mendampingi dan menjaga kami semua,itulah yang tidak bisa kami lupakan. Mungkin kegiatan study tour ini tidak berjalan dengan apa yang kami bayangkan dan rencanakan, tapi kami maklumi semua ini. Karena rencana tidak selalu berjalan lancer. Kami hanya berharap semoga SMP Negeri 2 Maos terus dan selalu mengadakan progam study tour ini. Dan semoga kegiatan ini bisa berjalan lebih lancer dan menarik lagi. SMP Negeri 2 Maos is the best.
DISUSUN OLEH : ADITYA WAHYUDIN

sumber My Blogger : http://bocahkisik.blogspot.com/

About these ads

20 comments on “CONTOH LAPORAN PERJALANAN STUDYTOUR SMP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s